Sambut HGN Ke-72 : SMA Negeri 1 Demon Pagong Bakti Sosial

Ada cara unik yang dilakukan oleh seluruh siswa dan tenaga pendidik di Sekolah Menengah Atas Negeri 1 (SMAN) Demong Pagong, Kabupaten Flores Timur (Flotim) dalam merayakan Hari ulang Tahun Guru Nasional (HGN) ke-72.

Pada perayaan HGN ke-72, SMAN 1 Demong Pagong melakukan bakti sosial bersama masyarakat Desa Belepanawa melakukan penimbunan fondasi balai Serba Guna, Sabtu (24/11/2017).

Untuk menempuh Desa Belepanawa, para siswa dan guru-guru SMAN I Demon Pagong harus menempuh dengan berjalan kaki sekitar 5 kilo meter (km) menuju desa tersebut. Tampak keceriaan terpancar di raut wajah para siswa meskipun harus melewati medan jalan yang cukup sulit.

Tidak sedikit yang memanfaatkan moment perjalanan itu dengan berfoto (selfi), menyanyi dan membuat yel-yel untuk mengobati lelah dan menghapus keringat yang berkucuran para siswa.

Wakasek Humas SMA Negeri 1 Demong Pagong, Ronal Lein kepada Florespost.co, Minggu (26/11) mengatakan kegiatan di Desa Blepanawa selain melakukan bakti penimbunan fondasi balai serba guna juga diikuti dengan melakukan penanaman pohon di area tersebut .

“HGN di SMAN 1 Demong Pagong tidak ada apel bendera resmi, cuma apel biasa. Setelah itu, siswa dan guru yang sudah mengenakan pakaian olahraga berbaris dan berjalan santai menuju Desa Blepanawa. Kami akan melakukan kegiatan di sana,” ungkap Ronald Lein.

Sementara itu Kepala Desa Belepanawa, Paulus Sani Lein mengapresiasi kehadiran para siswa dan para guru SMAN Demong Pagong, karena sudah terlibat langsung bersama masyarakat.

Kepala Sekolah SMAN 1 Demong Pagong, Didimus Kuda  juga memberikan alasan kegiatan pengabdian masyarakat ini.

“Sebenarnya ini bentuk terima kasih kami atas dukungan desa-desa se-Kecamatan Demon Pagong yang di masa silam sudah bersama kami membangun sekolah ini,” kata Didimus.

Sejauh ini lanjutnya, sudah beberapa desa yang telah dikunjungi oleh SMAN 1 Demong Pagong. Termasuk berpartisipasi menanggung koor mingguan di Desa Lewokluok.

“Kami juga mau berterimakasih kepada masyarakat yang sudah mempercayakan kami mendidik dan mengajar anak-anak mereka,”  ujarnya.