Pengumuman Kelulusan Kelas XII Angkatan 2018 : SMA Negeri 1 Demon Pagong Berbagi Sukacita Kelulusan

Ada cara unik yang dilakukan oleh para pelajar di Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Kecamatan Demong Pagong (Depog), Kabupaten Flores Timur (Flotim), dalam merayakan kelulusan mereka.

Para pelajar kelas Xll ini merayakan 100% kelulusan mereka dengan menyambangi anak-anak Panti Asuhan Pelangi yang terletak di Kelurahan Waibalun, Kecamatan Larantuka, Kamis (3 Mei 2018).

Jika para pelajar lainnya di Flotim merayakan euforia kelulusan mereka dengan mencoret-coret seragam dan berkonvoi tidak seperti SMAN 1 Depog. Pelajar yang ada di Kecamatan Demong Pagong ini bisa menjadi contoh bagi sekolah lain dalam mengisi kegiatan kelulusan sekolah.

Acara kunjungan ini juga diawali dengan perayaan ekaristi lalu dilanjutkan dengan resepsi bersama mendengarkan pengumuman kelulusan siswa. Acara pengumuman kelulusan diakhiri dengan pemberian kado kepada anak-anak panti sebagai wujud kesetiakawanan sejati.

“Jujur saja saya terharu, kegiatan hari ini benar-benar bermakna. Di saat kelulusan banyak dirayakan dengan aksi coret-coret, SMANSA Depog datang dengan cara lain. Apalagi pesan dan tema perayaan ekaristi menjadi bekal bagi anak-anak ke depannya,” ujar Jasinta Hadjon pengelola Panti Asuhan Pelangi pada saat memberikan sambutannya.

Sementara itu Didimus Kuda Lein, Kepala Sekolah SMAN 1 Demon Pagong dalam sambutannya usai pengumuman kelulusan menegaskan pentingnya bersyukur dalam hidup.

“Bersyukur itu penting. Karena dengan bersyukur, kita akan diberkati. Perayaan ekaristi pada momen hari ini adalah wujud syukur atas penyelenggaraan Tuhan untuk kita semua, khususnya sekolah kita sehingga kita bisa memanen hasil yang baik hari ini,” ungkapnya.

Ronal Lein Wakasek humas SMAN 1 Demong Pagong kepada Florespost.co, Kamis (3/5) mengatakan tiap tahun, diadakan graduation untuk pengumuman kelulusan siswa kelas XII. Tapi kali ini lanjut Ronal mereka lebih memilih mengajak siswa kelas XII berkunjung ke panti asuhan.

“Hal ini untuk menghindari aksi coret-coret seperti siswa lasimnya. Siswa diwajibkan mengenakan jas dan berpakaian rapih, dengannya seragam mereka tetap disimpan secara baik,” pungkas Ronald Lein.

Sumber : https://www.florespost.co/2018/05/04/unik-rayakan-kelulusan-sman-1-depog-flotim-sambangi-anak-anak-panti-asuhan/