Penilaian Akhir Tahun Pelajaran 2020/2021 Berbasis Komputer/Android Tak Butuh Kuota Internet.

Lewokluok (SMA Negeri 1 Demon Pagong),- Hari pertama pelaksanaan Penilaian Akhir Tahun (PAT) Tahun Pelajaran 2020/2021 menggunakan Komputer/Android berlangsung dengan jujur, aman dan tertib. Penilaian Akhir Tahun ini menggunakan aplikasi CandyCBT yang disetting sedemikian rupa sehingga peserta ujian dapat mengerjakan ujian baik menggunakan Komputer/Android tanpa membutuhkan kuota atau koneksi internet. Selain itu penerapan Protokol Kesehatan menjadi yang utama untuk dipatuhi oleh seluruh elemen sekolah.

Ada beberapa perangkat yang diperlukan dalam pelaksanaan PAT dengan mode offline yakni Komputer/laptop sebagai server lokal yang telah di-install dengan aplikasi Exambro, Komputer/Android sebagai client untuk siswa, tanpa kartu, kuota dan tidak butuh jaringan internet. Lalu, Router sebagai penyedia Access Point untuk menghubungkan antara laptop/komputer server dengan Komputer Klien/Android peserta ujian. Laptop/Komputer sebagai server lokal harus di-setting terlebih dahulu sebelum dioperasikan dengan perangkat yang kurang lebih sama dengan pelaksanaan USBK, termasuk import data-data siswa maupun soal ujian. Setelah log in aplikasi di laptop sebagai server dengan mengakses data mata pelajaran dan siswa, Android dioperasikan dengan menghubungkan IP address yang diterima oleh Komputer/laptop server. Selanjutnya siswa log in aplikasi di Komputer/Android dengan menggunakan username dan password yang terdapat pada server,‚ÄĚ lanjutnya.

Melalui sistem ini, siswa dapat mengerjakan soal yang telah di-input sebelumnya dengan nomor soal, opsi pilihan ganda dan esai yang telah teracak (random). Selain itu juga, melalui sistem ini peserta ujian tidak lagi terbebani dengan keharusan untuk mengisi pulsa data. Singkatnya, sistem ini mampu menjaga integritas ujian, efektif, efisien dan hemat biaya dan tenaga.

Hasil pekerjaan siswa untuk soal pilihan ganda dapat langsung diakses hasilnya. Akan tetapi, untuk soal esai tetap dikerjakan secara manual dengan menyiapkan lembar jawaban, meski ditampilkan pada monitor. Meski masih ada sedikit kendala dalam pelaksanaan PAT-Berbasis Komputer/Android ini. Namun secara umum, PAT-Berbasis Komputer/Android ini berjalan dengan baik dengan menggunakan durasi waktu yang lebih dari yang telah dialokasikan. Pada prinsipnya, sistem ini tetap dapat menjaga Integritas sehingga meminimalisasir unsur kecurangan dan mengedepankan kejujuran dengan tidak mengurangi substansi dari ujian itu sendiri.